Cara Menjaga Kadar Gula Darah Normal bagi Pasien Diabetes

May 22, 2020 | By penulis | Filed in: Kesehatan.

Diabetes adalah ibu dari segala penyakit yang tak pandang bulu dapat di derita oleh semua kalangan, baik tua maupun muda, pria maupun wanita. Mengejutkannya lagi, penderita diabetes tidak dapat disembuhkan, sehingga membutuhkan pengobatan terus menerus. Menurut hasil survey dari Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) dan Riskesdas 2007, penyakit seperti diabetes terus meningkat tiap tahunnya dan pada tahun 2017, Indonesia menempati peringkat ke-enam dengan jumlah pasien diabetes sebanyak 10,3 juta orang.

Diabetes sendiri memilik dua kategori, yaitu tipe satu dan tipe dua. Diabetes tipe satu merupakan penyakit genetik yang disebabkan oleh kerusakan sel beta pankreas yang tidak dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup, sehingga kadar gula darah menjadi tidak normal. Pada penderita diabetes tipe satu, diperlukan suntikan insulin secara berkala. Lain halnya dengan diabetes tipe dua, pada diabetes tipe ini penyebab utamanya adalah gaya hidup yang tidak sehat yang menyebabkan resistensi insulin, dan sebenarnya bisa dicegah.

Pasien diabetes dapat diketahui dengan mengecek nilai gula darahnya, dan tentu saja gula darah normal adalah dambaan setiap orang. Nilai gula darah normal juga bervariasi, tergantung dari waktu pengujian dan usia pasien. Umumnya, nilai gula darah normal adalah kurang dari 100 mg/dl. Pada pasien diabetes, nilai gula darah dapat melonjak hingga menyentuh angka 200 mg/dl dan bahkan lebih.

Untuk menjaga gula darah normal sebetulnya tidaklah sulit, mengingat pergeseran antara gula darah normal menjadi tidak normal semua terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk menjaga kadar gula darah normal bagi pasien diabetes:

  • Rutin cek gula darah

Cek gula darah harus dilakukan secara berkala selama minimal 6 bulan agar dapat mengontrol nilai gula darah.

  • Mengatur pola makan yang sehat

Pasien diabetes harus dapat memilih makanan sehat agar dapat menjaga gula darah tetap normal. Karbohidrat tentu tidak dapat ditinggalkan, tetapi lebih mengganti sumber karbohidrat terutama dari sayur-sayuran. Selain itu, bagi pasien diabetes perlu mengganti gula dengan gula rendah kalori.

  • Olahraga yang teratur

Olahraga adalah kunci utama untuk menjaga gula darah normal. Olahraga teratur dapat membantu agar hormon insulin bekerja lebih maksimal dan lebih peka sehingga mencegah terjadinya resistensi insulin. Hormon insulin sendiri berperan dalam proses perubahan gula darah menjadi energi.

  • Kurangi stress

Percaya atau tidak, stress dapat berdampak buruk bagi tubuh, terutama dapat menaikkan kadar gula darah dan detak jantung. Uniknya lagi, setiap orang punya caranya yang berbeda untuk mengatasi stress. Pada pasien diabetes menjadi tidak stress perlu dilakukan agar menjaga kadar gula darah tetap normal.

  • Makan makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat juga menambah kepekaan insulin sehingga membantu menurunkan kadar gula darah agar didapati kadar gula darah normal. Selain itu, makanan tinggi serat juga membantu supaya rasa kenyang bertahan lebih lama dan mengurangi lemak darah.

  • Istirahat yang cukup

Instirahat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kurangnya istirahat dapat mengubah sedikit banyak proses kerja dalam tubuh, termasuk insulin yang mengatur gula darah.

Kurang tidur juga dapat membuat pasien diabetes memburuk dan dapat meningkatkan resiko diabetes bagi yang masih memiliki kadar gula darah normal.

            Menjaga kadar gula darah normal sebenarnya tidak sulit, tergantung kita mau merubah pola hidup atau tidak. Ingat, merubah pola hidup harus dilakukan sejak dini dan kaum muda juga tidak luput dari lonjakkan gula darah normal!


Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.