YUK INTIP MEMILIH BERLIAN YANG TEPAT DAN BENAR

May 20, 2020 | By penulis | Filed in: Fashion.

Semua orang pasti terpesona dengan keindahan berlian. Padahal berlian berasal dari mineral batu terkuat dan terbentuk dari kandungan karbon. Saat ini berlian merupakan perhiasan bernilai sangat tinggi yang sering digunakan untuk investasi. Nah jika kamu hendak menginventasikan uang kepada berlian, berikut akan kami berikan tips dalam memilih berlian agar kamu tidak salah. Penasaran kan? Yuk intip !

1. Bentuk

Karena banyak jenis dan varian berlian yang beredar, terkadang sangat sulit untuk menentukan pilihan yang tepat. Oleh karenanya, pertama kita prioritaskan memilih bentuk berlian itu sendiri. Bentuk batu berlian yang paling populer ialah round diamond dengan pantulan cahaya yang indah. Selain itu ada juga fancy shapes atau berbentuk segi lima yang klasik.

Kemudian ada juga bentuk cushion diamonds yang punya kesan vintage. Selanjutnya ada juga bentuk marquise, oval, hati dan pear-shaped yang membantu menampilkan ilusi tampilan jari jemarimu menjadi lebih lentik. Karena banyaknya bentuk berlian, oleh karena itu pilihlah berlian yang sesuai dengan pribadi kamu.

2. Sertifikat

Sebelum kamu membeli sebuah berlian, pastikan juga apakah toko perhiasan atau jewelry store yang kamu kunjungi bergabung dengan industri toko emas atau asosiasi-asosiasi profesional yang terkait dengan barang-barang perhiasan.

Jika kamu mendatangi toko berlian yang terpercaya, maka berlian tersebut akan terjamin keasliannya. Karena setiap berlian tersebut akan berisi identitas, nomor seri, dan sertifkat yang berisi berat, karat dan lainnya. Sertifikat berlian adalah hal yang penting untuk diperhatikan, dengan memiliki sertifikat artinya sudah mendapat analisis lengkap dari berlian itu sendiri. Maka dari itu, pastikan dalam memilih berlian mempunyai sertifikat yang dikeluarkan oleh Gemological Institute of America (GIA), yakni laboratorium profesional yang dipercaya di dunia dalam mengeluarkan sertifikat berlian.

3. Pertimbangkan batu berliannya

Setiap orang yang menyukai perhiasan, pasti akan suka berlian karena kilauannya. Selain terlihat lebih elegan, saat kita menggunakan berlian tersebut akan memberikan kesan mewah dan berkelas. Oleh sebab itu, selanjutnya kamu harus menentukan materi logam apa yang digunakan sebagai cincin berliannmu kelak. Pada umumnya ada beberapa pilihan seperti logam emas kuning, emas putih, emas merah (rose gold), dan platina. Pastikan dahulu memilih material ataupun jenis batu berlian.

4. Perhatikan critical weight

Berlian merupakan salah satu perhiasan yang begitu mewah dan mahal harganya. Selain sebagai simbol kemewahan, berlian juga merupakan simbol keanggunan, keindahan dan cinta.

Saat hendak membeli berlian, perhatikan critical weight-nya atau potongan berlian. Potongan berlian merupakan hal yang penting dalam proses memilih sebuah cincin berlian. Karena ada perbedaan harga cukup jauh antara cincin dengan bentuk berlian yang utuh dan setengah potong. Daripada memilih cincin dengan berat 1.00 karat, cobalah untuk memilih cincin berlian dengan berat sekitar 0.95 karat. Sebab biasanya produsen perhiasan mengurangi critical weight sebuah berlian. Jadi apabila berat berlian dikurangi, maka mereka dapat menjual cincin berlian dengan harga yang lebih terjangkau.

5. Rencanakan pembelian cincin

Setelah kamu mengetahui 4 point diatas selanjutnya kamu harus membuat rencana membeli berlian.

Sebetulnya ini tidak menjadi acuan kamu untuk kapan harus membeli namun pada bulan September hingga Desember jewerly store akan menerima banyak sekali permintaan cincin berlian untuk pernikahan. Nah pada saat tersebut harga berlian menjadi sangat tinggi karena volume penjualan yang sangat tinggi. Maka sebaiknya kamu rencanakan pembelian setelah bulan tersebut agar mendapatkan harga berlian yang lebih terjangkau.


Leave a Reply

Your email address will not be published.