Contoh Lamaran Kerja Kreatif

August 24, 2020 | By penulis | Filed in: Informasi.
20 Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru dan Paling Kreatif

Salah hal yang sangat penting yang harus diperhatikan saat akan melamar pekerjaan ke suatu perusahaan adalah melampirkan riwayat hidup atau yang dikenal dengan istilah Curriculum Vitae (CV). Dimana, dalam CV ini terdapat daftar penting seperti latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, prestasi, dan hal-hal penting lainnya. Selain itu, CV ini juga menjadi salah satu aspek yang bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawannya. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang cara membuat lamaran kerja kreatif sebagai berikut :

  • Membuat Tampilan Yang Menarik

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat tampilan yang lebih menarik. Dalam hal ini, jangan terlalu banyak menuliskan semua informasi tentang diri anda. Karena hal ini bisa membuat para HRD malas untuk membacanya secara keseluruhan. Apalagi kalimat yang anda gunakan terlalu bertele-tele. Namun, sebaiknya anda membuat surat lamaran kerja yang mengutamakan penyampaian informasi lengkap dalam bentuk rangkuman. Selain itu, struktur kolom serta baris menjadi tata letak surat lamaran kerja yang menarik serta memudahkan pihak HRD dalam mendapatkan informasi tentang diri anda.

  • Sesuaikan CV Dengan Keahlian dan Pengalaman Kerja Anda

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan untuk membuat surat lamaran kerja kreatif adalah menyesuaikan dengan keahlian kerja yang anda miliki. Sebagai contoh lamaran kerja kreatif, misalnya anda memiliki keahlian soal desain, maka anda bisa membuat tampilan surat lamaran kerja yang sangat menarik. Yang mana, layout CV bisa menjadi hal yang sangat penting dalam membuat surat lamaran kerja yang kreatif. Selain itu, pola pembagian penulisan CV yang baik bisa membuat tampilan visual yang maksimal. Dalam hal ini, tata letak bisa anda bagi menjadi dua kolom, misalnya pada kolom sebelah kanan untuk informasi lebih detail terkait dengan pendidikan, pengalaman kerja, dan kualifikasi diri. Sedangkan kolom sebelah kiri untuk menginformasikan tentang diri pribadi. Selain itu, anda juga bisa menambahkan foto yang menarik, penambahan garis atau warna tertentu supaya CV anda memiliki nilai lebih. Anda juga bisa menggunakan tools yang dapat membuat tampilan CV lebih menarik. Bukan hanya itu, anda bisa memainkan perpaduan warna yang sesuai dan membawa nilai plus untuk CV yang anda buat. Namun, tetap pastikan bahwa penulisan informasi menggunakan font yang mudah dibaca. Jadi, jangan sampai anda hanya memfokuskan pada desainnya saja hingga mengabaikan informasi penting yang lebih detail. Selain itu, penulisan pengalaman kerja wajib anda perhatikan sebagai acuan para HRD. Perlu diketahui bahwa orang yang memiliki pengalaman kerja akan lebih diutamakan daripada dengan fresh graduated. Tentunya kebijakan ini sangat tergantung dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut.

  • Memperhatikan Perusahaan Yang Memberikan Lowongan

Memang tidak semua perusahaan yang membutuhkan surat lamaran kerja yang memiliki desain kreatif, akan tetapi ada juga perusahaan yang menginginkan CV yang menarik. Terutama perusahaan yang tuju tersebut merupakan perusahaan kreatif yang tentunya membutuhkan tampilan CV yang lebih unik dan menarik. Sehingga foto dan desain yang cukup menarik bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

  • Tunjukkan Kompetensi Anda

Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan sebelum membuat surat lamaran kerja adalah menonjolkan profesionalitas pada diri anda. Tentunya hal ini bertujuan agar para HRD menjadi lebih tertarik dan membuat anda menjadi kandidat kuat dalam tahap proses selanjutnya. Selain itu, anda juga bisa menunjukkan kompetensi yang dimiliki dengan memberikan informasi lengkap yang berkaitan dengan keahlian anda secara detail.


Leave a Reply

Your email address will not be published.