Kenali Perbedaan Tanda-tanda Haid dan Flek Kehamilan

November 28, 2020 | By penulis | Filed in: Kesehatan.
Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Telat Haid

Pada umumnya, masih banyak para perempuan yang belum terlalu paham mengenai perbedaan darah haid dengan darah flek yang keluar sebagai tanda kehamilan. Dari sekian banyaknya tanda-tanda kehamilan, ada satu ciri khas dari kehamilan yang kerap membuat bingung di kalangan ibu muda yang memang belum berpengalaman hamil. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mending kita simak saja langsung ulasan mengenai tanda tanda haid dan kehamilan di bawah ini. 

Ciri-ciri Darah Haid

Sejatinya, haid itu akan berlangsung selama dua hingga tujuh hari. Namun, flek darah pertama kali yang dihasilkan ketika haid itu biasanya berwarna merah terang, serta darah yang keluarnya pun berbentuk gumpalan. Normalnya, wanita yang sedang haid akan mengganti pembalut setidaknya dalam durasi setiap 3 jam sekali. 

Akan tetapi, kamu juga harus waspada jika pendarahannya berlanjut selama lebih dari 8 hari dan dalam jumlah darah yang banyak. Pasalnya, menstruasi yang bermasalah itu merupakan salah satu tanda bahwa kamu tengah mengidap sebuah penyakit lho! Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Ciri-ciri Flek Tanda Kehamilan

Pendarahan yang terjadi karena adanya proses implantasi, biasanya akan muncul sekitar 5 – 12 hari setelah pembuahan, atau 2 – 7 hari sebelum maupun menjelang haid. Nah, hal tersebutlah yang membuat banyak wanita kebingungan dalam mebedakan darah menstruasi dengan flek tanda kehamilan. Pasalnya, flek tanda kehamilan juga bisa datang bertepatan dengan hari datangnya menstruasi. 

Apabila kondisi ini terjadi, maka tak heran jika kita sering menganggapnya sebagai menstruasi biasa dan bukan gejala kehamilan. Padahal, darah dari flek tanda kehamilan itu biasanya berwarna coklat atau merah muda. Namun, tidak semua wanita akan mengalami flek sebagai tanda kehamilannya. Adapun mengenai tanda-tanda dari flek kehamilan yang lebih spesifik seperti dibawah ini:

1. Warna

Dari segi warnanya, flek tanda kehamilan itu akan mengeluarkan darah yang berwana agak pink atau lebih gelap. Tentu saja sangat berbeda dengan darah haid biasa, yang umumnya itu berwarna merah. 

2. Volume Darah

Berbeda dengan volume darah menstruasi, dimana darah yang dihasil saat proses implantasi rata-ratanya itu tidaklah banyak. Disamping itu, pendarahan implantasi juga akan berakhir dalam hitungan jam maupun hari, yakni maksimlanya adalah 3 hari. Berbeda dengan darah menstruasi yang memiliki volume lebih banyak setelah 1 – 2 hari, dan akan berlangsung selama 3 – 7 hari. 

3. Adanya Kram Ringan

Kebanyakan wanita yang mengalami flek tanda kehamilan akan disertai dengan adanya kram ringan di area perut bagian bawah. Kamu pun tidak perlu khawatir, karena kondisi tersebut wajar terjadi saat proses menempelnya embiro ke dinding rahim. Namun, kamu juga perlu waspada saat merasakan kram perut atau vagina yang cukup parah diikuti dengan pendarahan yang lebih banyak. Denga kata lain, segera konsultasikan ke dokter kandungan untuk memastikan apa yang kondisi yang sebenarnya pada organ reproduksimu. 

4. Diikuti Dengan Tanda Kehamilan Lainnya

Tak hanya keluarnya flek, ada beragam gejala atau tanda kehamilan lainnya yang harus kamu ketahui. Ya, guna memastikan apakah darah yang keluar memang flek tnda hamil atau tidak, kamu dapat mengenali beberapa gejala kehamilannya seperti, mudah lelah, mual, muntah, perut bengkak, penciuman sensitive, payudara sensitive, frekuensi buang air kecil meningkat, moody, sakit kepala, dan naiknya suhu basal tubuh. 

Nah, itulah beberapa tanda-tanda yang menjadi pembeda antara flek tanda kehamilan dengan menstruasi biasa.


Leave a Reply

Your email address will not be published.