Tips Menyimpan Cabe Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

July 31, 2021 | By penulis | Filed in: Kuliner.
https://mdm.tanihub.com/images/10004/product/cabai_merah_besar.jpg

Anda butuh stok cabe di rumah? Anda tidak perlu bingung dan tidak perlu keluar rumah. Gunakan gawai anda untuk memesan stok cabe berkualitas dan segar di TaniHub. Ini merupakan platform e-commerce terbaik buat memenuhi kebutuhan dapur anda seperti sayuran, buah-buahan, daging, bumbu, telur, sembako dan lain-lain. Mengapa yang terbaik? Sebab di sinilah anda bisa mendapatkan produk segar yang stoknya didapatkan langsung dari petani lokal.

Tips Menyimpan Cabe Agar Tetap Segar

Ketika anda sudah mengunjungi TaniHub dan mendapatkan stok cabe, maka anda harus menyimpannya dengan baik. Ada trik dan tips untuk menyimpan cabe agar tetap segar loh. Jika cabe anda tetap segar, tentunya masakan anda akan terasa lebih nikmat. Lalu apa sajakah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas cabe tetap dalam kondisi terbaik? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Gunakan bawang putih

Agar cabe yang disimpan tetap segar dan tahan lama ketika ditaruh di dalam kulkas, ada beberapa tips melakukannya. Adapun tipsnya adalah anda menggunakan bawang putih. Di sini, simpanlah cabe ke dalam wadah yang alasnya berupa tisu. Lalu masukkan bawang putih ke dalam wadah. Tutup rapat dan masukkan ke dalam kulkas.

Adapun bahan-bahan dan cara penyimpanannya adalah cabe secukupnya, 4 lembar tisu, 1 siung bawang putih dan wadah plastik tupperware. Adapun cara penyimpanannya adalah siapkan cabe yang masih segar. Lalu siapkan wadah. Masukkan tisu sebagai alas. Masukkan cabe kemudian bawang putih. Tutup wadah dengan rapat. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas.

2. Keringkan cabe

Cara ini termasuk banyak dilakukan masyarakat luas. Agar cabe tidak mudah busuk, maka cara yang bisa dilakukan adalah mengeringkannya. Cara ini bahkan lebih efektif daripada menyimpan cabe di dalam freezer. Meskipun kadar airnya berkurang, tetapi rasa pedas cabe tidak berkurang. Jika anda ingin menggunakan cara ini, maka pertama-tama cucilah cabe terlebih dahulu. Cuci hingga bersih sampai tidak ada kotoran yang menempel pada cabe.

Gunakan sarung tangan agar tangan anda tidak kepanasan. Setelah cabe bersih, jemur cabe di bawah terik matahari. Keringkanlah di dalam ruangan yang terkena sinar matahari. Anda bisa menggantung cabe di teras atau halaman belakang, asalkan terkena sinar matahari. Biarkan cabe hingga kering sekitar 3 – 7 hari. Dengan menggunakan metode ini, cabe bisa bertahan hingga 1 bulan.

3. Mengasinkan cabe

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengawetkan cabe adalah dengan mengasinkannya. Cabe akan lebih tahan lama segarnya dibanding metode sebelumnya. Jika cara sebelumnya membuat kulit cabee mengering, maka mengasinkan cabe tetap akan membuat kuilt cabe segar dan mengkilap. Caranya pun tidak rumit.

Hal-hal yang perlu anda lakukan untuk melakukan tips ini adalah mencuci cabe terlebih dahulu. Lalu belah cabe menjadi dua bagian. Bersihkan bagian dalamnya juga. Di sini, anda punya pilihan untuk membelah cabe atau membiarkannya utuh. Setelah itu, masukkan cabe ke dalam toples kaca. Tutup toples hingga rapat. Untuk memberikan rasa asin yang kuat pada cabe, anda bisa menambahkan garam dan lada ke dalam toples.

Siapkan cuka yang sudah dipanaskan. Setelah itu, masukkan cuka ke dalam toples. Jika anda ingin mendapatkan rasa manis, tambahkan gula. Ketika sudah dingin. Masukkan toples berisi cabe ke dalam kulkas.

Anda mau pilih tips yang mana? Anda bisa menyesuaikan dengan seberapa banyak cabe yang ingin diawetkan. Dan jangan lupa, dapatkan stoknya di TaniHub. Anda akan mendapatkan produk dan pelayanan yang memuaskan!


Leave a Reply

Your email address will not be published.