Yuk Pahami dan Lafalkan Doa Menjenguk Orang Sakit

January 13, 2022 | By penulis | Filed in: Informasi.
Saat Menjenguk Orang Sakit di RS, Kita Juga Bisa Ikutan Sakit Loh | Indozone .id
source gambar : indozone.id

Ketika sedang membesuk sahabat, teman, atau saudara hendaknya membaca doa menjenguk orang sakit. Agar mereka bisa sehat kembali dan beraktivitas seperti biasanya.

  1. Lafal Doa

Ada banyak sekali lafal doa menjenguk orang sakit antara lain syafakallah, laa ba’sa dan lainnya. Anda dapat pula membaca doanya dengan bahasa Indonesia atau terjemahannya.

Islam sendiri menganjurkan untuk saling mendoakan ketika ada yang sedang sakit. Terlebih lagi orang-orang yang memang sangat berarti di dalam hidup Anda.

Selain melafalkannya sendiri, ada baiknya juga orang yang sedang sakit untuk membacanya. Jika hal tersebut memungkin orang sakit untuk membaca doa memohon kesembuhan.

Lafal-lafal doa sendiri bisa ditemui di hadis-hadis Nabi Muhammad atau di dalam Al-Qur’an. Akan lebih bagus lagi jika dihafalkan, agar suatu saat ketika tertimpa musibah dapat membacanya.

  1. Keutamaan Doa Menjenguk Orang Sakit

Keutamaan yang bisa didapatkan ketika membacakan doa menjenguk orang sakit adalah mendapat kebaikan. Yang didoakan pun akan diberikan kesembuhan atas izin Allah.

Selain itu, keutamaan ini sudah disebutkan dalam hadis Tirmizi, Imam Ahmad, dan Ibnu Majah. Dalam hadis tersebut dikatakan jika mendoakannya di pagi hari maka akan diberi rahmat hingga sore hari.

Selain itu juga, memberikan doa kepada orang yang sedang sakit menumbuhkan rasa simpati dan empati yang tinggi. Serta berjiwa sosial yang baik, sejatinya manusia saling membutuhkan satu sama lain.

Keutamaan yang didapat lainnya adalah mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah Subhana Wata’ala. Jadi jangan ragu untuk saling mendoakan kerabat, sahabat, saudara, teman, dan lainnya agar diberikan kesembuhan.

  1. Hal yang Harus Diperhatikan Selain Berdoa

Selain memberikan doa ketika menjenguk orang yang sakit hendaknya memperhatikan hal penting lainnya. Salah satunya adalah adab ketika mengunjungi mereka yang sedang sakit.

Jangan pernah untuk membuat suasana gaduh dan tidak tenang ketika menjenguk orang sakit. Bersikaplah dengan baik, tenang, dan juga sabar kepada mereka.

Jangan pula untuk memberikan kabar yang buruk kepada orang yang sedang sakit. Atau bahkan menakut-nakuti mereka dengan hal yang mereka takuti, hal tersebut terkesan tidak sopan dan kurang beradab.

  1. Doa dan Ucapan Baik Lainnya

Selain memberikan doa yang umum dilafalkan kepada mereka yang sedang sakit, hendaknya memberi semangat kepada mereka. Setiap orang tak ingin yang namanya merasakan sakit atau menderita penyakit.

Maka dari itu, berikan mereka kalimat yang dapat membawa kabar gembira. Seperti ucapan hadis bahwa ketika sakit, dosa-dosa anak Adam akan diampuni oleh Allah.

Tak lupa berikan pula doa agar mereka bersabar menghadapi sakit dan doa agar mereka diampuni dosanya. Anda dapat membawakan buah-buahan atau makanan kesukaan mereka ketika sedang menjenguknya.

  1. Mengapa Harus Mendoakan Orang yang Sakit

Tujuan dari mendoakan mereka yang sedang sakit adalah agar Allah segera memberikan kesembuhan kepada mereka. Memberi doa juga termasuk amalan sunah yang telah Nabi Muhammad ajarkan kepada umatnya.

Selain itu, menumbuhkan rasa persaudaraan, cinta, dan kasih sayang. Muslim dengan muslim yang lainnya adalah bagaikan satu tubuh, jika seorang muslim lain sakit, maka muslim lainnya merasakan sakit.

  1. Di Mana Bisa Mendapatkan Doa

Anda bisa mendapatkan doa-doa untuk orang sakit di kitab hadis, ustaz, buku-buku doa dan sumber lainnya. Bahkan di era digital sekarang, tak perlu ragu untuk mencarinya di internet.

  1. Kapan Waktu Untuk Mendoakan Orang Sakit

Waktu yang tepat ketika teman, sahabat, keluarga, dan saudara ketika mereka sedang sakit adalah sesuai kondisi. Maksudnya, Anda dapat mendoakan mereka setelah salat, berwudu, dan waktu mustajab lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *