Jadwal SIM Keliling dan Samsat Keliling (STNK) Ponorogo

Siapa yang tidak bepergian dan jalan-jalan ke luar rumah? Hampir semua orang suka bepergian baik dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil pribadi. Model dan jenis kendaraan pribadi kini pun sangat beragam. Harganya juga ada yang mahal, terjangkau dan sangat murah. Anda bisa beli kendaraan bermotor yang baru maupun bekas. Dengan perawatan yang baik, kendaraan bermotor Anda akan awet dan tahan lama.

Nah, untuk mengendarai kendaraan bermotor maka sudah seharusnya bagi kita untuk memiliki surat izin mengemudi atau SIM. SIM bisa Anda dengan mengikuti ujian teori dan praktis di kantor kepolisian setiap daerah. Surat-surat kendaraan juga harus lengkap agar kita tidak terkena masalah hukum berupa tilang, sanksi atau denda. Sebagai pengendara motor yang baik, kita harus selalu taat aturan lalu lintas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan kerugian lain.

Aturan lalu lintas tidak hanya berlaku di kawasan lalu lintas di kota-kota. Di jalan raya umum di pantura misalnya, Anda juga harus taat aturan lalu lintas. Sehingga orang yang berkendara dan yang lalu lalang tidak mengalami kejadian yang tidak mengenakan. Operasi polisi juga bisa terjadi di jalanan bukan kawasan tertib lalu lintas. Jika Anda tidak memiliki SIM dan surat kendaraan lengkap, maka lengkai terlebih dahulu. Anda tidak bisa bepergian dengan nyaman dan aman tanpa adanya surat-surat berkendara tersebut.

Kerugian bepergian jauh tanpa memiliki SIM dan STNK akan sangat besar. Sepeda motor atau mobil Anda bisa saja tidak dapat diambil kembali ketika terkena tilang. Jangan sampai Anda menggunakan jalan belakang karena nantinya ketagihan. Dan hal ini tidak bisa menjamin keselamatan Anda ke depannya. Anak di bawah usia standar tidak dibolehkan mengendarai sepeda motor. Apalagi jika mereka tidak memiliki surat izin mengemudi.

Berkendara aman tidak hanya dengan memakai helm, sarung tangan dan lain sebagainya. Memiliki SIM dan STNK serta surat-surat berkendara lainnya pun sangat penting dimiliki agar tetap aman berkendara. Dengan lengkapnya surat berkendara, Anda akan aman dari tilang dan razia. Motor atau mobil Anda juga akan aman, tidak disita atau diambil pihak kepolisian.

Sepeda motor dan mobil adalah dua alat transportasi paling umum dan banyak digunakan  masyarakat. Karena itu, tidak sedikit orang yang memiliki sepeda motor dan mobil. Hampir setiap perkotaan di Indonesia ramai oleh mobil dan sepeda motor. Pengaruhnya sangat besar di jalan raya. Jalanan semakin sempit dan polusi di mana-mana. Mengapa sedikit orang yang menggunakan moda transportasi umum untuk bepergian? Dengan begitu, tentunya jalan raya akan aman dan kondusif. Dan polusi udara pun sedikit sehingga tidak ada dampak buruk yang besar terhadap lingkungan. Tetapi entahlah, Anda tahu sendiri alasan mengapa orang lebih suka bawa motor atau mobil sendiri daripada kendaraan masal.

Masalah lain pun semakin bertambah karena adanya pengendara motor yang tidak memenuhi syarat berkendara. Para pengendara tidak memiliki lisensi untuk mengendarai sepeda motor atau mobil. Hal demikian ini semakin menambah permasalahan lalu lintas di setiap wilayah yang ada di Indonesia. Ini harus segera ditangani. Jika tidak, bakal bertambah lagi masalah yang muncul. Selain itu, ada banyak pengendara yang belum cukup usia. Biasanya, anak-anak yang belum cukup usia berkendara secara ugal-ugalan dan tidak paham aturan lalu lintas. Akibatnya, banyak dari mereka yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Dan kita rasa ini tidak aneh karena mereka tidak paham dan belum memiliki kemampuan berkendara yang cakap.

Banyak pengendara yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), sebagian besar masyarakat Indonesia juga tidak membayar pajak kendaraan tepat waktu. Perpanjangan SIM dan STNK sering terlambat. Hati-hati, Anda bisa kena tilang, sanksi dan denda kapan saja di jalan raya. Oleh karena itu, segera miliki SIM dan ikuti aturan lalu lintas. Selain itu, perpanjang SIM dan STNK tepat waktu.

Jadwal SIM Keliling dan Samsat Keliling Ponorogo

Bagi Anda yang merupakan warga Ponorogo, ada kabar gembira. Kabar gembiranya adalah sudah ada samsat keliling yang akan melayani perpanjangan SIM dan STNK kendaraan bermotor Anda. Saat ini kita semakin dimudahkan untuk melakukan perpanjangan SIM dan STNK. Anda tidak harus datang ke kantor yang jaraknya jauh dari tempat tinggal. Kini sudah ada SIM dan Samsat keliling yang bakal melayani Anda melakukan perpanjangan SIM dan STNK. Manfaatkan layanan ini secara maksimal.

Sesuai namanya, samsat keliling buka pada lokasi dan waktu tertentu. Jadi, samsat keliling Ponorogo tidak hanya melayani di satu tempat. Nantinya akan berpindah-pindah di hari yang berbeda. Bagi Anda yang berada di Ponorogo, berikut ini adalah jadwal SIM keliling dan Samsat keliling (STNK) Ponorogo terbaru. Anda bisa mempersiapkan diri untuk melakukan perpanjangan SIM dan STNK serta urusan lainnya di sini. Tetapi Anda juga harus tepat waktu dan disiplin agar tidak melewatkan jam kerja samsat keliling.

Dengan semakin banyaknya pengguna kendaraan bermotor, maka semakin banyak pula orang yang harus memiliki surat izin mengemudi. Surat-surat kendaraan bermotor lain pun harus ada agar Anda aman dari tilang dan denda. Jika masa berlaku SIM dan STNK habis, Anda harus segera melakukan perpanjangan STNK jika sesuai jadwal. Sehingga Anda tidak dikenaik denda atau sanksi tambahan. Apalagi sekarang saat melewatkan sehari saja waktu perpanjangan SIM, Anda harus mengikuti kembali ujian teori dan praktik kendaraan bermotor. Jadi lebih sulit, bukan? Dan adapun jadwal SIM keliling dan Samsat keliling (STNK) Ponorogo secara detail adalah sebagai berikut ini:

  • Depan Pasar Jenangan Desa Jenangan, Kec. Jenangan : 08:00 – 12:00
  • Halaman Kantor Kas Daerah Ponorogo, Jl. Alon Alon Utara Kel. Mangkujayan : 19:00 – 21:00

Syarat Perpanjang SIM Keliling dan STNK Keliling Ponorogo

Layanan Samsat Keliling akan lebih memudahkan masyarakat melakukan perpanjangan dan pembayaran terkait surat-surat kendaraan bermotor. Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) dibentuk agar bisa memperlancar berbagai urusan surat-surat kendaraan bermotor, seperti perpanjangan SIM dan STNK. Sehingga layanan Samsat tidak hanya beroperasi di kantor saja, tetapi juga melalui samsat corner dan samsat keliling. Samsat keliling beroperasi setiap hari. Jadwalnya bisa berubah sesuai kebijakan. Ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan saat hendak memperpanjang SIM, di antaranya adalah:

1. SIM asli beserta fotokopinya

2. E-KTP asli dan fotokopinya

3. Pulpen. Karena ramainya lokasi perpanjangan SIM, Anda harus membawa pulpen sendiri dari rumah.

Mengenai biaya perpanjangan SIM keliling, biayanya sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, yaitu:

1. SIM A : Rp 80.000

2. SIM C : Rp 75.000

Perpanjangan STNK di samsat keliling hanya bisa dibayar untuk STNK tahunan saja. Anda tidak bisa melakukan perpanjangan STNK untuk perpanjangan lima tahunan. Jika tetap Anda ingin melakukannya, maka Anda hanya bisa melakukan perpanjangan ini di samsat induk. Adapun syarat perpanjangan STNK keliling adalah sebagai berikut:

1. E-KTP asli dan fotokopinya

2. STNK asli dan fotokopinya

3. Catatan, bawalah BPKB dan fotokopinya. Dan satu lagi adalah bawa pulpen sendiri karena samsat keliling akan ramai oleh masyarakat.

Demikianlah jadwal SIM keliling dan Samsat keliling (STNK) Ponorogo. Jangan lupa persyaratannya agar lengkap. Semoga bermanfaat terutama bagi warga Ponorogo.